Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 Sma

Kompetensi dasar kurikulum 2013 sma

Kompetensi dasar kurikulum 2013 sma

kurikulum 2013 terdiri atas Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI) kelas, dan dirinci lebih lanjut dalam Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran serta struktur kurikulum sebagai pengorganisasian Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD).

Apa yang dimaksud dengan kompetensi dasar?

Kompetensi dasar adalah konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang bersumber pada KI yang harus dikuasai peserta didik.Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar?

Kompetensi inti = penjabaran antara muatan pembelajaran, mata pelajaran, dan program studi sebagai upaya untuk mencapai standar kompetensi lulusan (SKL). Kompetensi dasar = kemampuan peserta didik untuk bisa mencapai kompetensi inti.

Apa itu kompetensi dasar dalam RPP?

3. Kompetensi Dasar Kompetensi dasar adalah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusun indikator kompetensi.

Kompetensi inti ada 4 apa saja?

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan.

Apakah KI dan KD sama?

Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Mata Pelajaran dalam Kurikulum diatur dengan Permendikbud yaitu : Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016_Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan MenengahNomor024 KI dan KD.

Apa saja contoh kompetensi?

Contoh Kompetensi Dasar Mengamalkan perilaku jujur, kritis, teliti, rasa ingin tahu, tanggung jawab dan inovasi ketika mengaplikasikan pengetahuan, keterampilan serta sikap tentang keselamatan, kesehatan kerja dan juga lingkungan dalam kehidupan sosial sehari-hari.

Apa perbedaan kompetensi dasar dan indikator?

Menurut Depag indikator adalah wujud dari kompetensi dasar yang lebih spesifik. Sedangkan menurut E Mulyasa indikator merupakan penjabaran dari kompetensi dasar yang menunjukkan tanda-tanda perbuatan dan respon yang dilakukan atau ditampilkan oleh peserta didik.

Siapa yang membuat kompetensi dasar?

Kompetensi dasar dibuat oleh pemerintah pusat karena didasarkan atas kesetaraan sekaligus untuk menghindari terjadinya perbedaan di setiap penyampaian materi pokok di masing-masing tingkat satuan pendidikan.

Ki 3 mengandung kompetensi apa?

Kompetensi inti pengetahuan (KI-3) Pengetahuan adalah katalog sesuatu yang telah diketahui manusia. Cara untuk mendapatkan pengetahuan adalah dengan belajar baik secara formal, nonformal, maupun informal. Adapun dimensi pengetahuan menurut taksonomi Bloom adalah sebagai berikut.

Apa fungsi kompetensi inti dalam kurikulum 2013?

Kompetensi inti diharapkan mampu membentuk karakter peserta didik melalui proses belajar mengajar. Hal tersebut sesuai dengan pernyataan Hidayat (2013:140) yang menjelaskan bahwa kompetensi inti berfungsi sebagai unsur pengorganisasi (organising element) kompetensi dasar.

Apa saja perbedaan SKL KI dan KD dalam Kurikulum 2013?

KI berfungsi sebagai pengintegrasi muatan pembelajaran, mata pelajaran atau program pendidikan dalam mencapai Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Kompetensi Dasar (KD) merupakan kemampuan Peserta Didik yang menjadi syarat untuk menguasai Kompetensi Inti (KI) yang harus dicapai melalui proses pembelajaran.

Berapa KD dalam RPP?

RPP menjadi lingkup rencana pembelajaran yang paling luas, karena mencakup 1 kompetensi dasar yang terdiri 1 indikator atau beberapa indikator. Sebelumnya, RPP versi lama dibuat secara detail mengenai hal apa saja yang akan disiapkan dan dilakukan oleh guru di kelas.

Kompetensi dasar apakah bisa diubah?

nomor 22 tahun 2006 tentang standar isi. Jadi, SK dan KD tidak boleh berubah namun boleh diperkaya.

Apa itu Indikator kompetensi?

Indikator pencapaian kompetensi adalah penjabaran dari kompetensi dasar yaitu berupa perilaku yang dapat diukur atau di observasi untuk melihat ketercapaian dari kompetensi dasar yang menjadi acuan penilaian suatu mata pelajaran.

Apa yang diutamakan dalam kurikulum 2013?

Berdasarkan Permendikbud Nomor 65 Tahun tentang Standar Proses, model pembelajaran yang diutamakan dalam implementasi Kurikulum 2013 adalah model pembelajaran Inkuiri (Inquiry Based Learning), model pembelajaran Discovery (Discovery Learning), model pembelajaran berbasis projek (Project Based Learning), dan model

Apa fungsi kompetensi Dasar?

Selain itu, tujuan kompetensi dasar memiliki beberapa poin utama yaitu: Mampu meningkatkan ilmu pengetahuan pada bidang kognitif. Mengasah minat, kemampuan dan bakat yang dimiliki peserta didik. Memberikan pembelajaran mengenai norma-norma dalam pembelajaran dan tanggung jawab sebagai peserta didik.

Apa perbedaan standar kompetensi dan kompetensi inti?

Berdasarkan pembahasan diatas dapat disimpulkan, perbedaan antara Kompetensi Inti dan Standar Kompetensi adalah: 1. Kompetensi Inti bebas dari mata pelajaran karena tidak mewakili mata pelajaran tertentu(Tematik integratif antar mata pelajaran) sedangkan Standar Kompetensi KTSP bersifat tematik (mengacu mata pelajaran)

Apa itu KI dalam RPP?

Pengertian Kompetensi Inti adalah tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki peserta didik pada setiap tingkat kelas atau program yang menjadi landasan pengembangan Kompetensi Dasar.

RPP itu apa sih?

RPP merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu atau beberapa kali tatap muka. RPP ini dikembangkan dari silabus dengan tujuan untuk mengarahkan kegiatan belajar mengajar dalam upaya mencapai kompetensi dasar.

11 Kompetensi dasar kurikulum 2013 sma Images

Pin di Belajar

Pin di Belajar

Contoh Buku Absensi Karyawan Contoh Buku Absensi Karyawan Beberapa

Contoh Buku Absensi Karyawan Contoh Buku Absensi Karyawan Beberapa

Pemetaan KD Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018  Kurikulum Berkelas

Pemetaan KD Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Kurikulum Berkelas

Pemetaan KD Kurikulum 2013 Kelas 2 Semester 1  Semester Bar chart Chart

Pemetaan KD Kurikulum 2013 Kelas 2 Semester 1 Semester Bar chart Chart

Download Contoh Spanduk Penerimaan Siswa Baru PAUD Format CDR  Spanduk

Download Contoh Spanduk Penerimaan Siswa Baru PAUD Format CDR Spanduk

Format Penilaian Keterampilan pada Kurikulum 2013 Revisi 2016  Pusat

Format Penilaian Keterampilan pada Kurikulum 2013 Revisi 2016 Pusat

Pin on contoh soal

Pin on contoh soal

Im reading Contoh RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Berita Terbaru

Im reading Contoh RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Berita Terbaru

RPP 1 Lembar Fisika SMASMK Revisi 2020  Fisika Rencana pembelajaran

RPP 1 Lembar Fisika SMASMK Revisi 2020 Fisika Rencana pembelajaran

hidrosauna03gif  Word search puzzle Words Word search

hidrosauna03gif Word search puzzle Words Word search

Post a Comment for "Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 Sma"